Labels

Friday, April 12, 2013

Tips Ampuh Menghadapi Ujian Nasional



Menjelang Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MAN, segala persiapan tentu sudah harus dipersiapkan. Belajar dan berlatih mengerjakan latihan soal ujian nasional (UN) serta persiapan fisik dan mental tentu juga telah dipersiapkan. Setelah semuanya dirasakan cukup, ketika mengerjakan ujian nasional hendaknya tentu harus berhati-hati dan jangan bertinggi hati dulu karena kemungkinan dan tanpa disadari kita bisa saja melakukan kesalahan ketika mengerjakan soal UN meskipun kita sudah berhati-hati pada awalnya.UN akan terasa lancar jika kalian tenang dan memahami kisi-kisi soal yang sudah dipelajari dengan baik.

Tentu hal pertama dan utama yang harus dilakukan adalah belajar, belajar, dan belajar. Dalam belajar pun banyak cara yang dilakukan oleh siswa-siswi agar ilmu yang diserap lebih mudah dimengerti, seperti dengan cara belajar kelompok, membuat soal-soal latihan, atau berlatih soal-soal latihan yang telah ada bahkan ada yang menambah jam belajar dengan melakukan ekstrakurikuler diluar jam sekolah, misal dengan mengikuti bimbingan belajar. 

Dan Ingat jangan terpengaruh oleh info-info tentang kunci jawaban ujian nasional yang beredar akhir-akhir ini.


Saat akan ujian pun demikian, berlatih mengerjakan soal ujian nasional (UN) juga telah dilakukan. Selain itu, menjaga stamina juga telah dipersiapkan agar konsentrasi lebih kuat dan lebih fresh.


Berikut pengalaman pertama saya yang harus kalian perhatikan saat menghadapi Ujian Nasional :
  • Meneliti lembar soal dan kunci jawaban  sesudah menerima atau menyerahkan berkas-berkas ujian tersebut. Jika ada lembar yang rusak atau soal-soal kurang segera lapor.
  • Jangan sampai salah menuliskan data diri dan kode soalmu di lembar jawaban. Ingatlah bahwa UN tahun ini menggunakan lima set soal berbeda.
  • Sebelum mengerjakan soal-soal ujian nasional, tenangkan diri dan bacalah doa sebelum mengerjakan soal-soal ujian. Membaca soal dengan tenang dan teliti akan membuatmu lancar menjawab soal. Jika kamu tegang, konsentrasimu justru akan buyar. Kerjakanlah dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah, baru kemudian soal-soal sulit.
  • Jaga lembar jawaban ujian nasional agar tetap bersih, tidak terlipat, basah, sobek, rusak, dan jangan juga mencorat-coret lembar jawabanmu. Lembar jawaban yang kotor atau rusak akan menyulitkan komputer dalam proses pemindaian.
  • Sebelum mengumpulkan lembar jawaban ke pengawas, pastikan kamu sudah menjawab semua soal ujian. Teliti dulu sebelum diserahkan ke pengawas ujian.

Adapun tips lain yang mungkin bermanfaat bagi sobat semuanya :

- Ketika telah menerima soal, telitilah berkas soal tersebut dan pastikan tidak ada soal yang kurang, atau berkas soal yang rusak.


- Jangan sampai salah dalam menuliskan data diri dan kode soal di lembar jawaban. 

- Tenangkan diri, dan bacalah doa sebelum mulai mengerjakan soal-soal ujian. Bacalah soal dengan tenang dan teliti. Jika suasana tegang, biasanya konsentrasi justru akan buyar. Kerjakanlah terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah, baru kemudian soal-soal sulit.

- Jaga lembar jawaban UN agar tetap bersih, tidak terlipat, basah, sobek, rusak, dan jangan juga mencorat-coret lembar jawaban ujian. Lembar jawaban yang kotor atau rusak akan menyulitkan komputer dalam proses pemindaian.

- Sebelum mengumpulkan lembar jawaban ke pengawas, pastikan sudah menjawab semua soal ujian. Yang lebih penting, pastikan juga data diri seperti nama, nomor ujian, kode sekolah, dan kode soal telah diisi dengan benar. Teliti dalam verifikasi data seperti ini sangatlah penting demi kebaikan sendiri.

- Pastikan lembar jawaban ujian telah diterima pengawas sebelum meninggalkan ruang ujian.

- Yakin dan harus percaya diri bahwa kita mampu mengerjakan ujian dan tidak lupa untuk selalu berdoa agar mendapatkan nilai yang baik.

Semoga bisa bermanfaat bagi yang mau menghadapi Ujian Nasional dan tentunya lulus ujian nasional dengan nilai yang baik merupakan impian dan harapan setiap siswa.




Salam SELALU SUKSES...... Guys !!!!! 

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Terjemahkan dalam Bahasa anda